Inilah 7 Tipe Rumah dan Karakteristiknya!

tipe rumah

Jika kamu ingin membeli suatu rumah, pastikan kamu sudah tau berbagai macam tipe rumah terlebih dahulu ya. Kamu perlu mengenali berbagai tipe rumah dan karakteristiknya, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Tipe rumah yang berbeda tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda pula, mulai dari luas bangunan, harga, maupun desain ruang didalamnya.

Nah, kali ini kita akan bahas 7 tipe rumah dan karakteristiknya. Simak berikut ini ya.

1. Karakteristik Rumah Tipe 21

rumah tipe 21

Rumah tipe 21 ini sangat cocok untuk pasangan muda yang belum punya anak. Tipe ini termasuk rumah tinggal yang berukuran kecil. Luas bangunannya 21 meter persegi dengan luas tanah 24 meter persegi.

Tipe ini memiliki luas dimensi 5,25 x 4 meter, 3 x 7 meter, atau 6 x 3,5 meter. Rumah sederhana ini hanya memiliki satu kamar tidur yang bisa ditempati untuk dua orang, sebuah kamar mandi, dan sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur.

Harga rumah tipe 21 adalah sekitar Rp 100-300 juta dengan pertimbangan faktor penunjang atau fasilitas lainnya yang disediakan. Tipe rumah ini juga bisa dijadikan investasi dengan menyewakannya.

2. Karakteristik Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 mempunyai luas bangunan 36 meter persegi dengan dimensi 6×6 meter atau 9×4 meter. Ukurannya lebih luas dibandingkan tipe rumah 21.

Rumah ini juga biasanya disebut rumah tipe 36/60 atau 36/72, artinya rumah tersebut dibangun di atas tanah seluas 60 meter persegi atau 72 meter persegi. 

Desain rumah ini dilengkapi dengan dua kamar tidur, sebuah kamar mandi, sebuah dapur, dan ruang tamu yang lebih luas dari rumah tipe 21. Sehingga cocok untuk keluarga kecil dengan satu orang anak.

Karena luas rumah yang juga cukup terbatas, kamu harus pandai menata ruang agar tampak luas. Misalnya, menggunakan perabot rumah yang bisa fleksibel untuk dilipat atau dipindah. Pemakaian sekat ruangan yang tidak permanen, dan lain sebagainya. Di kawasan yang strategis, harga rumah ini mencapai Rp 650-700 jutaan.

3. Karakteristik Rumah Tipe 45

rumah tipe 45

Tipe rumah 45 bisa jadi alternatif pengganti tipe rumah 36 cocok untuk kamu yang memiliki keluarga kecil dan membutuhkan rumah yang lebih luas. Rumah ini banyak digemari karena memiliki luas yang lebih baik daripada tipe rumah 36 meskipun sama-sama menyediakan 2 kamar tidur.

Dimensi dari desain rumah tipe 45 biasanya memiliki ukuran 6 × 7.5 meter persegi. Tipe rumah 45 umumnya punya halaman yang lebih lapang daripada tipe rumah 36. Harga rumah tipe 45 umumnya sekitar Rp 700-800 juta.

4. Karakteristik Rumah Tipe 54

Rumah Tipe 54

Tipe rumah 54 juga lebih cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota lebih banyak karena selain memiliki jumlah kamar yang lebih banyak, tipe rumah satu ini juga umumnya memiliki ruang yang lebih lapang dan luas.

Biasanya keluarga dari kelas menengah-atas memilih rumah tipe ini. Rumah tipe 54 memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter. Ukuran dimensi itu membuat rumah tipe 54 bisa dilengkapi sampai tiga kamar, ada pula yang hanya punya dua kamar. Tapi, umumnya terdapat taman yang cukup lapang di rumah dengan tipe ini.

Harga rumah ini biasanya Rp 800 jutaan di tempat tertentu. Di daerah pemukiman favorit, harganya bisa sampai Rp1,2 miliar. Banyak bagian ruang yang bisa kamu desain semenarik mungkin agar nyaman dan tampak elegan.

5. Karakteristik Rumah Tipe 60

Tipe rumah 60 termasuk tipe rumah besar yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat menengah hingga menengah ke atas dengan luas bangunan mencapai 60 meter persegi. 

Tipe rumah ini umumnya memiliki 3 kamar tidur, terkadang juga dilengkapi 1 kamar tidur tambahan untuk asisten rumah tangga. Dimensi dari tipe rumah 60 biasanya 6×10 meter persegi.

Kavling rumah dengan ukuran panjang yang tidak memadai, terkadang juga bisa dibangun menjadi rumah 2 lantai. Dengan ukuran luas 60 meter persegi, rumah tipe ini terasa lapang. Pasalnya, satu rumah bisa terdiri dari tiga hingga empat kamar tidur.

Harga rumah ini memiliki kisaran harga Rp 900 juta hingga Rp 1,5 miliar.

6. Karakteristik Rumah Tipe 70

Jika kamu mempunyai anggota keluarga yang banyak dan budget yang memadai, rumah tipe 70 cocok untuk hunian yang nyaman dan luas. Rumah tipe 70 memiliki luas 70 meter persegi dan lebih banyak diminati oleh masyarakat kalangan atas. 

Jumlah kamar pada tipe rumah ini hampir sama dengan rumah tipe rumah 60, namun dengan desain yang berbeda dan kebutuhan yang lebih banyak terkadang tipe 70 didesain dengan memiliki 4 kamar tidur. Dimensinya bervariasi, yaitu mulai dari 7×10 meter hingga 5×14 meter.

Harga rumah ini sekitar Rp 1,1 miliar hingga mencapai Rp 1,8 miliar. Rumah tipe 70 bisa didesain untuk satu lantai, dan banyak juga yang mendesain rumah tipe ini dengan dua lantai sehingga ruangan bertambah luas.

7. Karakteristik Rumah Tipe 120

Rumah Tipe 120

Rumah tipe 120 memiliki luas bangunan hingga 120 meter persegi, dimensi tipe rumah ini bisa bervariasi mulai dari 10×12 meter atau 8×15 meter persegi.

Rumah ini tergolong mewah dan biasanya dijadikan pilihan oleh masyarakat menengah atas. Biasanya rumah ini lebih dari satu lantai dan memiliki banyak kamar serta ruangan yang luas.

Harganya tentu tidak murah, yaitu berkisar belasan hingga puluhan miliar.

Nah, itulah 7 tipe rumah dan karakteristiknya yang perlu dikenali sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Jika kamu ingin berkonsultasi mengenai desain rumah, kamu bisa berkunjung di www.desainbangunan.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *