6 Tips Desain Rumah Minimalis Type 36 Cocok Untuk Pasangan Baru Menikah

desain rumah type 36

Tahukah Kamu bahwa rumah dengan type 36 berasal dari angka 36 yang menjelaskan bahwa luas rumah tersebut adalah 6×6=36 m2 sedangkan angka 60 dan 70 merujuk pada penggunaan lahan di sekitar area rumah tersebut.

Kebanyakan orang menganggap jika ukuran 36 m2 sebetulnya cukup proporsional untuk keluarga kecil tinggali, karena pada umumnya bisa membuat 2 kamar. Selain itu, harga rumah type 36 juga lumayan dapat dijangkau oleh kantong kalangan masyarakat menengah.

Meskipun tidak begitu luas,type rumah 36 bisa Kamu ubah menjadi seperti istana mewah sang raja. Caranya yaitu dengan mengutak-atik desain rumah type 36 yang langsung berkaitan dengan denah rumah type 36 itu sendiri.

Baca Juga : Inilah 5 Desain Rumah Type 36 Yang Cocok Untuk Keluarga Kecil Anda

1. Desain rumah type 36 satu lantai

type 36 1 lantai

Agar bisa mendapatkan rumah yang terkesan lebih luas, area ruang tamu dengan ruang keluarga bisa kamu gabung atau bahkan dapur, rumah bagian depan bisa kamu buat kamar tidur, dan satunya dekat dengan dapur. Biar lebih gampang kamu bisa meletakan kamar mandi diantara kedua kamar tidur, kamu bisa mengaplikasikan desain rumah type 36 sederhana ini pada rumah KPR-Mu nanti. 

2. Desain rumah type 36 dua lantai

rumah type 36 dua lan/tai

Ketika kamu ingin menjaga privasi, aturlah lantai menjadi dua bagian. Contohnya, lantai atas khusus untuk keluarga, dan lantai bawah untuk tamu. Lantai atas bisa kamu buat tiga kamar tidur dan dua kamar mandi sekaligus ukurannya tidak perlu begitu besar. Dan lantai bawah, bisa kamu jadikan ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga menjadi satu ruangan. Tidak perlu disekat, toh tidak ada hal-hal yang bersifat pribadi.

3. Desain rumah type 36 satu kamar tidur

Dengan hanya satu kamar saja, kamu bisa membuat ruangan menjadi lebih luas. Bahkan kamar mandi dengan model bathtub bisa kamu buat serta dengan mendesain dapur dan ruang makan seperti bar. Meskipun begitu, ada baiknya jangan terlalu banyak menggunakan perabot agar kamar tidurmu tidak sumpek dan lebih luas.

4. Desain rumah type 36 dua kamar

Dengan menambahkan taman kecil di sekitar teras atau taman di sudut belakang rumah dengan semi outdoor. Jika kamu lebih peduli dengan privasi buatlah sekat tepat di belakang ruang tamu. Ingin rumah yang lebih sehat? Buatlah kamar mandi jauh dari dapur agar bahan makanan tidak terkontaminasi oleh kuman yang ada di dalamnya.

5. desain rumah type 36 minimalis

desain type 36 minimalis

Penataan ruang sebenarnya hampir sama dengan rumah type 36 lainnya. Tetapi kamu disini, untuk tidak banyak memakai barang di dalam rumah. Apalagi jika warna barang-barangnya cukup kontras. Kamu bisa membuat taman kecil pada rumah minimalis ini dengan semi outdoor yang langsung terhubung ke dapur dan kamar tidur untuk rumah tipe ini penggunaan pintu geser dinilai lebih tepat karena bisa memperluas ruang gerak. 

Kamu bisa memaksimalkan area depan untuk ruang makan dan ruang tamu agar terlihat ada sekat antara ruang dengan menggunakan furniture atau karpet yang coraknya berbeda.

6. Desain Rumah type 36 konsep open space

Dengan open space bukan berarti seluruh ruangan di dalam rumah dibiarkan terbuka. Kamu tetap bisa membatasi ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Kamar tidur sebaiknya di buat di bagian sebelah kanan dan dapur dan kamar mandi di sebelah kiri. Konsep open space bisa kamu aplikasikan di bagian tengah. Maksudnya adalah ruang tamu dan ruang keluarga dibuat tidak tersekat yang mana pintu depan bisa kelihatan dari pintu belakang.

Coba pertimbangkan denah yang ditunjukkan oleh penjual dan developer saat kamu membeli rumah agar ada gambaran bagaimana cara kamu mengatasinya nanti.

Untuk kamu yang bermimpi ingin memiliki rumah sendiri ayo wujudkan impianmu dengan mencontek salah satu desain denah di atas. Tidak perlu memiliki banyak lahan, sedikit lahan pun bisa kok dengan membangun rumah minimalis type 36 ini pasti cukup dengan lahan sedikit. Jika anda membutuhkan jasa desain rumah, kunjungi kami disini!

 
 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *