6 Langkah Mewujudkan Rumah Impian

rumah impian

Setiap orang tentunya memiliki mimpi untuk memiliki rumah sendiri, tentunya untuk mewujudkan rumah impian mu kamu wajib memiliki perencanaan yang jelas untuk mewujudkan impianmu. 

Berikut tips untuk kamu yang memiliki rencana membeli atau membangun rumah impian di usia muda.

1. Tentukan rumah seperti apa yang mau kamu bangun atau beli

rumah impian

Rumah memiliki banyak sekali model yang bisa kamu tiru, untuk mewujudkan rumah impian mu kamu wajib menentukan model rumah seperti apa yang mau kamu bangun atau kamu mau beli. 

Model rumah sangatlah banyak, kamu harus menyesuaikan dengan lokasi membangun rumah, tentunya perencanaan desain rumah di perkotaan dan di desa sangatlah beda. 

Setelah kamu memiliki gambaran seperti apa rumah impianmu tahap selanjutnya yaitu menyesuaikan dengan budget. Budget dapat menyesuaikan dengan model rumah yang mau kamu bangun.

2. Membangun Tim

Setelah kamu tau model seperti apa rumah yang mau dibangun, tahap selanjutnya kamu harus mencari kontraktor dan arsitek. 

Kamu tidak dapat berjalan sendiri untuk mewujudkan rumah impian kamu, kamu tentunya butuh arsitek untuk mengkonsep desain rumah serta kontraktor yang mengerjakan rumah kamu hingga selesai. 

Kontraktor dan Arsitek akan berdiskusi dengan anda untuk mewujudkan rumah impian yang sesuai dengan budget tentunya.

3. Perencanaan Biaya

Setelah tim terbentuk, kamu akan merencanakan RAB (Rencana Anggaran Biaya sesuai dengan budget yang kamu miliki. Perencanaan RAB harus benar benar detail dan terencana, jangan sampai kamu over budget. 

Arsitek akan memberikan masukan mengenai perencanaan biaya, arsitek pula akan memberikan masukan agar rumah yang kamu bangun on budget. 

4. Pemilihan Bahan dan Material

Bahan dan Material

Dalam proses berjalanya desain yang dibuat oleh arsitek, kamu akan diminta untuk memilih material yang sesuai dengan rumah. 

Material yang dimaksud bisa berupa model pintu, model jendela ataupun keramik yang digunakan. Pemilihan material harus benar benar di detail agar sesuai dengan model rumah dan budget pembangunan.

5. Pembuatan Timeline

Timeline sangatlah penting dalam proses pembangunan rumah, timeline harus dibuat dengan sangat detail sesuai dengan pekerjaan di lapangan. Timeline dibuat bersama dengan Arsitek. 

Arsitek akan memberikan timeline pekerjaan sesuai kenyataan di lapangan, nanti nya arsitek akan memberikan saran dan masukan agar pekerjaan terencana sesuai target. 

Tentunya kita gak mau proyek pembangunan rumah terhambat di tengah jalan karena timeline yang berantakan, timeline harus dibuat dengan sangat detail dan hati-hati.

6. Eksekusi

Setelah kamu memiliki konsep untuk membangun rumah, inilah saatnya kamu eksekusi pembangunan rumah. 

Kamu harus sering melakukan komunikasi dengan Arsitek untuk memastikan pembangunan rumah kamu sesuai dengan perencanaan di awal, baik itu desain ataupun budget.

So, jadi itu 5 tips untuk membangun rumah impianmu mulai dari penentuan konsep dan budget hingga  eksekusi pembangunan. Pada tahap perencanaan, kamu harus banyak mencari referensi desain untuk membangun rumah kamu.

Kamu bisa melihat inspirasi desain rumah di https://www.desainbangunan.id/2020/10/19/model-rumah/ atau bagi kamu keluarga milenial bisa liat inspirasi rumah keluarga milenial di https://www.desainbangunan.id/2020/10/19/desain-rumah-idaman/ . Semoga kamu bisa mewujudkan rumah impian kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *