Model Rumah yang Bisa Kamu Tiru

Pernahkah kamu bertanya tanya, semisal kamu sedang berjalan jalan di kota-kota besar seperti Jakarta kamu melihat berbagai macam rumah dengan model yang berbeda beda. Mulai dari rumah gaya kolonial, rumah gaya tropis, rumah gaya modern bahkan rumah gaya eropa. 

Sebenarnya apa sih yang membedakan antara satu model rumah dengan model lainya, lalu apakah keuntungan dan kekurangan antara satu model dengan model lainya. Apalagi nih, bagi beberapa orang yang ingin membeli atau merenovasi rumahnya, harus mengetahui apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan antara setiap model. 

Berikut model – model rumah yang patut kamu ketahui dan kamu tiru, jika kamu ingin membangun rumah.

1. Rumah Gaya Tropis

rumah gaya tropis

Tahukah kamu apa itu rumah gaya tropis? Model rumah satu ini sering sekali diadopsi oleh beberapa orang di Indonesia, hal ini dikarenakan rumah gaya ini cocok sekali dengan rumah di Indonesia dengan iklim Tropis. 

Tahukah kamu, rumah gaya tropis sudah diadopsi oleh nenek moyang Indonesia sejak lama, jaman dulu mereka sudah memikirkan bagaimana hunian yang cocok untuk iklim tropis. 

Kelebihan dari rumah gaya tropis, rumah ini memiliki desain sirkulasi yang sangat cocok untuk iklim indonesia. Rumah ini cenderung menggunakan ornamen ornamen alam untuk menambah kesan tropis dari rumah tersebut. 

Kekurangan dari rumah gaya tropis, yaitu ada pada perancangan nya yang membutuhkan konsep yang benar benar matang, tentunya rumah di tengah kota dan di pedesaan mempunyai karakteristik rumah tropis yang berbeda. Disitulah konsep rumah tropis harus benar benar dirancang sebaik mungkin.

2. Rumah Gaya Minimalis

Rumah gaya ini sering sekali diadopsi oleh beberapa orang di Indonesia untuk dijadikan hunian. Rumah gaya minimalis terkenal dengan gayanya yang simple dan cat yang digunakan monokrom dan minim dekorasi. 

Tapi tahukah kamu, rumah gaya minimalis sudah ada sejak 1980 an. menyoal sebutan minimalis sebenarnya lebih banyak dipengaruhi paham aliran Zen dari Jepang. 

Kelebihan dari rumah ini yaitu model rumahnya yang terlihat lebih rapi, rumah gaya minimalis meminimalkan ornamen ornamen yang berlebihan. Selain itu dengan perancangan yang tepat, rumah minimalis memiliki anggaran pembangunan yang rendah dibanding rumah gaya lainya. 

Kekurangan rumah minimalis yaitu terletak pada perencanaan pembangunan nya, jika perencanaan nya kurang maksimal maka rumah minimalis akan terkesan sempit. 

Selain itu rumah minimalis juga diperuntukan untuk keluarga kecil, hal ini dikarenakan rumah minimalis memiliki ruang yang terbatas.

3. Rumah Gaya Klasik

rumah gaya klasik

Selanjutnya yaitu rumah gaya klasik, model rumah ini identik dengan gayanya yang elegan dan mewah. Model rumah klasik juga dipengaruhi oleh beberapa model rumah di luar negeri khususnya Eropa. 

Ciri paling khas dari rumah gaya Klasik ini yaitu ada pada ornamen baik itu eksterior atau interior bangunan yang cenderung terkesan berat dan mewah.

Kelebihan dari rumah gaya klasik yaitu rumah ini memiliki kesan yang elegan, luas dan mewah. Rumah gaya klasik juga di peruntukan untuk jangka panjang, itu lah alasan mengapa bahan bangunan dan interior yang dipakai menggunakan bahan yang terbaik. 

Selain itu rumah klasik juga memiliki nilai seni yang tinggi, hal ini terlihat dari interior yang dipakai menggunakan dekorasi bernilai seni tinggi. 

Kekurangan dari rumah klasik sudah pasti dari segi biaya pembangunan, rumah gaya klasik memiliki biaya pembangunan yang lebih tinggi dibanding dengan rumah tipe lainnya, hal ini dikarenakan material yang digunakan memiliki kualitas terbaik. 

Selain biayanya yang tinggi, rumah gaya klasik juga memiliki jangka waktu desain yang cukup lama, hal ini dikarenakan setiap detail dari rumah harus benar benar diperhatikan. Contohnya saja pada ruang keluarga, pada umumnya rumah gaya klasik memiliki ukurangan ruang yang besar, desainer/Arsitek harus mendesain ruang yang sesuai untuk rumah beserta furniture juga.

Tentunya masih banyak lagi, inspirasi model rumah yang bisa kamu tiru. Model rumah ada banyak sekali macamnya dan tentunya kamu sendiri yang menentukan sekiranya model mana yang cocok buat hunian impian kamu.

Yuk konsultasikan desain kamu disini!

 
 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *